Selasa, 09 Desember 2008

masalah sosial dan perubahan sosial part I

Suatu masyarakat yang mengalami perubahan pasti melahirkan masalah...masalah sosial merupakan bagian dari konsekuensi sosial..(Horton&Hunt).

Pernyataan di atas memberikan pemahaman bahwa adanya perubahan yang terjadi di kehidupan sosial kemasyarakatan tentu memberi dampak positif dan negatif. Nah dampak negatif inilah yang kemudian dipahami sebagai 'masalah'.Yup! masalah muncul bukan tanpa sebab yang menyertainya. Bahasan ini lebih melihat bagaimana terdapat keterkaitan antara perubahan sosial dengan masalah sosial.

Perubahan sosial yang mudah dilihat adalah perubahan dari proses pembangunan tentu di Indonesia.Hal ini sesuai dengan pendapat Susanto (dalam tulisan Drs Oman Sukmana), proses pembangunan yang dilaksanakan suatu negara akan berdampak pada terjadinya perubahan sosial di masyarakat.Perubahan-perubahan ini akan menumbuhkan kebutuhan sosial yang kompleks. Kaitannya dengan ini Sulaiman telah mengidentifikasi delapan kecenderungan permasalahan sosial yang di hadapi oleh Indonesia ke depan yaitu :
(1) semakin lemahnya nilai dasar seperti kemanusiaan,kegongroyongan,pengabdian,solidaritas sosial,kepekaan sosial dan kepedulian sosial;
(2) meningkatnya jumlah penyandang berbagai kecacatan baik fisik maupun mental
(3) meningkatnya masalah keterlantaran anak;
(4) meningkatnya masalah penyandang tuna sosial dan penyimpangan perilaku
(5) meningkatnya jumlah dan proporsi kelompok penduduk usia lanjut
(6) timbulnya 'akibat sampingan' pembangunan yaitu kesenjangan sosial,keresahan sosial, dan pergeseran nilai sosial;
(7) prevelensi bencana yang bersumber pada kondisi geografi,geologikdan geofisik Indonesiaa serta mentalitas masyarakat.
(8) masalah kemiskinan

Ke delapan identifikasi di atas tentu bersumber dari pencermatan atas kondisi kekinian yang terjadi di kehidupan sosial kemasyarakatan.Meskipun hal ini mesti di sesuaikan dengan konteks yang ada misal kewilayahan desa-kota...dengan kata lain ke delapan hal di atas bersifat umum dan butuh peninjauan ulang.

Sementara ini dulu ya..kajian lanjutan di posting mendatang..(maaf krg fit:)

1 komentar:

Posting ur comment yach:)