Rabu, 07 Januari 2009

penelitian sosial budaya

Penelitian menjadi aktivitas yang tidak terlewatkan khususnya bagi kalangan akademisi meski penelitian/riset juga akan dilaksanakan oleh mereka yang profesional (lawyer,akuntan,dll) bahkan dunia perusahaan yang notabene berorientasi pada profit menjadikan penelitian sebagai sarana untuk memperkuat positioning bisnis mereka misal riset pemasaran,dll.

Kaitannya dengan dunia keilmuan jelas aktivitas penelitian menjadi salah satu upaya untuk memperoleh informasi yang relevan untuk penyusunan,memperkuat,mengembangkan apa yang disebut dengan 'teori'. Hal ini jelas bahwa keberadaan 'teori' tidak bisa hanya dengan dasar akal sehat/common sense semata ataupun inspirasi semata atau mengandalkan para ilmuwan yang jelas memiliki 'otoritas' untuk menjelaskan fenomena yang ada melalui teori yang ia bangun. Inilah yang kemudian menjadikan ilmu pengetahuan dapat maju dan berkembang karena adanya aktivitas penelitian.

Nah, dalam hal ini penulis ingin berbagi dengan pembaca sekalian mengenai hal yang mendasar dari penelitian yaitu 'elemen-elemen dasar penelitian' tentu mengacu pada berbagai sumber yang ada ini merupakan resume dari bacaan yang banyak variannya:

1.Beberapa konsep dasar penelitian

Bahasan ini meliputi konsep/istilah yang mesti di pahami oleh peneliti yaitu :
a. Teori
Menurut definisinya teori adalah serangkaian konsep yang memiliki hubungan sistematis untuk menjelaskan suatu fenomena sosial tertentu. Dari teori yang ada peneliti dapat menemukan dan merumuskan masalah sosial yang diamatinya secara sistematis untuk selanjutnya dikembangkan dalam hipotesis-hipotesis penelitian.
b. Konsep
Konsep merupakan alat yang dipakai peneliti untuk berkomunikasi dengan orang yang lain. Peneliti dengan konsep dapat mendeskripsikan 'dunia empiris' yang diamatinya.
c. Variabel
Variabel merupakan konsep yang mempunyai variasi nilai. Di sini terdapat penilaian misal 'rendah' atau 'tinggi' terhadap konsep yang ingin digambarkan.
d. Definisi Operasional
Definisi ini di maksudkan untuk memberikan rujukan-rujukan empiris yang dapat ditemukan di lapangan. Misal untuk meneliti tentang partisipasi sebagai sesuatu yang dpat di ukur dengan :
-pertemuan warga
-media massa
-forum komunikasi,dll

2.Jenis Metode Penelitian
a,Metode Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif menekankan deskripsi verbal tentang fenomena yang di teliti. Tujuan pokok dari penelitian ini adalah mendeskripsikan secara sangat detail/thick description tentang objek yang di teliti sehingga peneliti memiliki pemahaman yang baik mengenai objek yang ditelitinya. Beberapa metode yang dipakai adalah : metode kasus; in-depth interview;grounded theory;etnomethodology;participant observation;pengamatan sejarah,dll

b.Metode Penelitian Kuantitatif
Penelitian kuantitatif yang perlu diperhatikan adalah perlunya mengukur hasil pengamatan secara tepat. Hal ini menyangkut bagaimana menurunkan teori menjadi konsep,variabel kemudian mengembangkan indikator penelitian menjadi penting. Untuk menjamin pengukuran dilakukan dengan baik maka menggunakan 'validitas' dan 'reliabilitas'. Salah satu metode yang sering digunakan adalah metode survei.

Yup! sementara ini dulu semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting ur comment yach:)